Kamis, 02 Mei 2013

Skeptisor JKT48






Skeptisor JKT48

Istilah apa lagi ini?
Skeptisor berasal dari kata skeptis, yang artinya meragukan, tidak mudah percaya, atau meremehkan.Orang yang menanamkan sikap skeptis terhadap sesuatu disebut skeptisor.

Well, pasti teman2 udah mulai ngerti apa maksud judul Post ini. Mungkin teman-teman langsung berpikir ane mau bahas haters JKT48. Bukan, haters dan skeptisor itu berbeda.

Ane pernah menyebut para skeptisor JKT48 sebagai Japanese wannabe. Karena mereka terlalu mengagungkan AKB48 dan sisternya YANG ADA DI JEPANG. Mereka selalu menganggap JKT48 tidak sebanding dan tidak akan pernah sebanding dengan kakak-kakaknya di Jepang, bahkan mungkin dengan adiknya di Cina nanti, yaitu SNH48. Mereka selalu ragu dengan kapasitas JKT48, fans dan manajemennya, menganggap seluruh elemen JKT48 tidak beres, tidak akan bisa menerapkan sistem disiplin ala Jepang. Mereka berpendapat member JKT48 tidak serius berjuang, latihannya biasa saja, lambat berkembang, dan bahkan berpikir semua member sebenarnya punya pacar secara diam2 Mereka juga sangat meremehkan manajemen JKT48, apapun yang manajemen putuskan selalu mereka pikir negatif. Website ga keren lah, teater tak layak pentas lah, ga ada ketegasan lah...

Intinya mereka terlalu meremehkan JKT48 dan menganggap JKT48 sebagai bagian dari kebobrokan Indonesia. Label "sister group AKB48" buat mereka ga ada pengaruhnya, karena mereka selalu berpendapat, "Indonesia ga akan pernah bisa seperti Jepang, sama seperti JKT48 yang ga akan pernah bisa seperti AKB48". Pendapat mereka ini juga berlaku buat fans JKT48.

Dengan ideologi seperti itu, jelas mereka lebih berbahaya dari haters. Haters, mulai dari yang alay sampai yang pintar, masih bisa menghargai sesuatu yang dibencinya. Misalnya, jika ada salah satu member JKT48 meninggal dunia, haters masih bisa ikut berbelasungkawa, tapi skeptisor, paling mereka hanya bilang, "itu akibat manajemen JKT48 yang memperlakukan member seperti pekerja romusha", atau semacamnya.

Skeptisor bisa dibilang tak punya rasa simpatik. Beda dengan haters, kebenciannya terhadap JKT48 justru menunjukkan bahwa ia memperhatikan JKT48, dan tanpa sadar kritik dan sumpah serapahnya sangat membantu perkembangan seluruh elemen JKT48.

Haters juga masih mungkin bisa berbalik jadi fans. Karena ibarat benci dan cinta yang cuma beda tipis. Tapi skeptisor hampir tidak mungkin bisa dirangkul menjadi fans, paling maksimal hanya bisa netral. Sama seperti orang yang selalu meremehkan orang lain, sulit baginya untuk berbalik mengagumi. Paling maksimal dia hanya bisa sadar, minta maaf, dan tidak lagi peduli dengan orang itu. Itulah skeptisor.

Memang ada beberapa peristiwa dimana skeptisor bisa berbalik menjadi fans, tapi biasanya karena dia mendapatkan "ilham" atau sadar sendiri, karena melihat suatu fakta yang sangat sulit untuk kembali ia remehkan.

Skeptisor JKT48 dengan atau tanpa teman-teman sadari ada di sekitar teman-teman fans JKT48. Saran ane, jika bertemu mereka, sekeras mungkin cobalah menghindar. Mereka bukan haters yang masih bisa dirangkul menjadi fans. Memang pengaruh langsung mereka untuk sang idola tak sebesar haters, namun mereka sangat berpengaruh bagi fans. Mereka adalah skeptisor yang akan selalu merendahkan apa yang kalian sukai, dan bisa memperdaya kalian untuk jadi teman skeptisornya. Fans lebih mudah diperdaya untuk jadi skeptisor daripada haters. Jika makin banyak fans JKT48 yang beralih menjadi skeptisor, lama kelamaan juga akan berpengaruh buat JKT48, bukan?

Ingat, lebih baik dibenci dari pada diremehkan.

0 komentar:

Posting Komentar