Sabtu, 27 April 2013

Senbatsu perdana JKT48, fans atau manajemen?


22 April 2013 adalah hari dimana diselenggarakannya special show “Heavy Rotation”. Dan saat itu, diumumkan senbatsu tim J. Member yang terpilih menjadi senbatsu tim J adalah Haruka, Kinal, Jeje, Rena, Gaby, Melody, Rica, Nabilah, Akicha, Delima, Shanju, Veranda, Achan, Dhike, Stella, Beby. Yang tidak terpilih kali ini adalah Cindy, Ghaida, Diasta, Sendy, Sonya, Frieska, Sonia.

Senbatsu adalah member yang terpilih untuk tampil di single terbaru. Banyak yang berkata senbatsu itu oleh voting fans. Dan ini membuat spekulasi di kalangan fans JKT48, apa yang menjadi tolak ukur pemilihan senbatsu kali ini sedangkan BELUM ADANYA VOTING FANS. Apakah dari tiket handshake? Jumlah followers? Perform? Dan parahnya ada yang mengira ini black magic. Haduh.

Pemilihan senbatsu dengan voting fans disebut dengan senbatsu general election (senbatsu sousenkyo) dan diadakan hanya setahun sekali. Sisanya? Pemilihan senbatsu dilakukan oleh manajemen.

Fans yang oshi-nya terpilih menjadi senbatsu kali ini pastinya sangat senang. Oshi mereka akan tampil di single terbaru berjudul “RIVER”, salah satu yang sangat legendaris dan cool yang pernah dibawakan senior mereka. Sedangkan fans yang oshi-nya tidak terpilih, pastinya banyak yang sedih dan menyayangkan hal itu. Tentunya, ada saja yang terus menerus membandingkan oshi mereka dengan member yang masuk senbatsu dan tetap menganggap oshi mereka lebih pantas. Saya maklum karena semua orang punya kecenderungan memihak.

Disini saya hanya coba untuk berbagi analisis saya yang mungkin terkesan ‘bodoh’ atau malah ‘sok tahu’.

Jika saya menjadi manajemen, pasti saya akan punya banyak pertimbangan. Terlebih ini adalah senbatsu pertama di JKT48.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan saya adalah perkembangan member, kesamaan karakter tiap member, jam terbang, kecocokan member dengan single baru, dan stamina yang dibutuhkan.

Akicha dan Haruka, dua member impor yang jelas punya pengalaman lebih ketimbang member JKT48 lainnya. Dan pasti akan sangat memalukan jika mereka tidak terpilih senbatsu JKT48. Lagipula, dua member ini juga akan menarik fans Jepang untuk melirik “RIVER” JKT48.

Melody dan Shanju, dua member yang diberi bintang satu oleh Aki-P saat audisi. Melody yang sudah biasa menjadi center kembali menjadi center di lagu RIVER bersama Kinal. Pernah tampil bersama kakak-kakaknya di PV New Ship-AKB48 menjadi poin plus dari segi pengalaman dan jam terbang Melody dibanding member seangkatannya yang lain. Shanju yang juga punya jam terbang tinggi, mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi performer yang lebih baik lagi. Shanju yang termasuk member lini depan membuktikan bahwa dia memang pantas menjadi member lini depan. Keduanya punya stamina yang stabil dan punya sisi keras.

Kinal, seorang kapten yang menurut saya tetap menjadi jendral terbaik dalam lagu Kagami. Berkarakter kuat, tegas, keras, dan tentunya berjiwa pemimpin. Punya dasar gerakan yang kasar dan powerful. Stamina yang hebat dan jam terbang tinggi di theater. River yang bertema militer sangat cocok untuknya.

Beby adalah member yang punya basic dance diatas rata-rata member lain. Dance yang energik dengan gerakan yang tegas. Stamina? Jelas kuat. Terutama saat theater pajadora dulu. Bahkan ada fans yang menyebut staminanya stamina supir travel sangkin kejar tayangnya dia di theater. Beby dicap mudah untuk menghafal blockingan. Tidak butuh waktu lama untuknya menjiwai suatu karakter di sebuah lagu.

Nabilah adalah member tim J yang paling energik dan tidak bisa diam. Mungkin ada semacam energizer di tubuhnya sehingga dia selalu punya semangat menggebu-gebu dan tidak mudah terlihat lelah. Walau dia adalah member paling muda di tim J, Nabilah sangat berpotensi untuk terlihat dewasa dan kuat di sebuah lagu. Di lagu tenshi no shippo dia sangat lucu dan menggemaskan, sedangkan di tsundere? Dia terkesan angkuh dan cuek. Nabilah bisa cocok di berbagai lagu dengan postur tubuhnya yang mini.

Stella dan Veranda adalah dua member yang menurut saya adalah member yang berkelas dan kharismatik. Keduanya selalu berusaha untuk menunjukkan mereka semakin powerful. Bisa menjaga stamina. Punya jam terbang yang tinggi di theater. Walau Veranda terkesan sangat lembut, namun dia bisa menempatkan diri dengan lagu. Tenaga dan ketajaman gerakannya baik. Koreo River banyak bermain di footstep. Dan Veranda punya footstep yang baik. Stella punya vocal yang sangat bagus. Segi vocal dikuasai olehnya.

Achan dan Dhike adalah kedua member yang menurut saya punya pengalaman untuk mendalami karakter berbeda dalam setiap lagu. Achan pernah mendapat unit song Pajama drive, Kagami no naka no Joan D’arc, dan Hagavi. Ketiganya punya karakter yang berbeda. Dhike pernah membawakan unit song Tenshi no shippo, Junjou Shugi, Manatsu, dan Tsundere. Dan keempatnya pun sangat berbeda. Achan dengan pandangan koalanya dan Dhike dengan tatapan mautnya. Keduanya kejar tayang jadwal theater dan punya stamina yang kuat.

Rena punya stamina yang kuat dan tidak mudah terlihat lelah. Punya tatapan yang seringkali kosong dan terkadang sering kaku dalam gerakannya. Dia juga punya sisi yang cocok untuk lagu RIVER. Postur tubuhnya yang tinggi turut mendukung.

Gaby, Rica, Delima, dan Jeje. Mereka berempat adalah member yang sering dianggap sebelah mata karena bukan member lini depan. Keempatnya belum pernah menjadi center sebuah lagu, baik grup song maupun unit song. Bagi yang memperhatikan perkembangan Gaby, Rica, dan Delima, pasti tahu mereka selalu berusaha keras ditengah banyaknya orang yang underestimate padanya. Gaby selalu berusaha masuk dalam satu karakter dan dia sangat punya mental pejuang. Delima mudah beradaptasi dalam sebuah lagu. Rica punya satu sisi yang dewasa dan seksi. Rica, Gaby, dan Delima sangat pantas mendapatkan posisi di lagu RIVER. Sedangkan Jeje? Ya, mungkin di setlist sebelumnya Jeje sering terlihat tidak serius. Namun, di setlist RKJ ia menunjukkan seorang Jeje yang mau berubah menjadi jauh lebih baik agar bertahan di JKT48. Itu perkembangan yang sangat signifikan dari seorang Jeje.

Selanjutnya adalah member yang tidak masuk senbatsu untuk tampil di lagu RIVER.

Bisa saya bilang, Cindy, Sendy, dan Ghaida punya perform yang cukup baik. Namun, seiring perkembangan seorang Cindy, ia terlalu sering bermain dengan polanya sendiri. Mungkin Cindy punya image lolli yang melekat pada dirinya. Bukan berarti semua lagu cocok dibawakan dengan kelollian yang terkadang agak over. Walaupun itu dianggap karakternya, tapi Cindy tetap harus bisa menyesuaikan. Perkembangannya hingga sekarang, menurutku belum menunjukkan kecocokan untuk lagu RIVER. Cindy pun belum pernah membawakan lagu yang menguras tenaga. Mungkin Cindy masih harus banyak belajar dari Mayuyu dimana menjadi seorang lolli yang bisa beradaptasi. Ghaida, Sonya, dan Diasta adalah tiga member yang sempat vakum. Sudah jelas karena hal ini, susah untuk menentukan perkembangan mereka. Ghaida dan Sonya memiliki catatan kesehatan yang rentan sakit. Untuk Diasta, punya jam terbang minim bahkan baru tampil perdana setlist RKJ di bulan April. Rasanya tidak mungkin dalam waktu dekat dengan pemilihan senbatsu kemarin ia terpilih. Bukan karena perform-nya tidak bagus, melainkan karena minimnya tolak ukur perkembangannya. Sendy punya teknik olah vokal terbaik di tim J. Namun, ia adalah salah satu member yang menurutku mudah lelah. Sedikit kaget kenapa ia tidak masuk karena menurut saya ia punya karakter yang cocok dengan lagu tersebut. Namun, semua ada leveling-nya. Sonia adalah member yang menurutku sangat berkembang selain Gaby. Tapi, bagiku Sonia belum termasuk member yang benar-benar energik walau punya gerakan yang tajam. Frieska adalah member yang sering terlihat malas-malasan dalam perform. Mungkin karena sifat moody-nya. Bukan berarti dia perform jelek, namun kelebihan kakaknya, Melody, sangat berpengaruh untuk mengintimidasi mental dan posisi Frieska. Masalah yang mungkin sama dihadapi oleh Sonia. Jika saya adalah bagian JOT dan dihadapkan oleh pilihan Melody dan Stella atau Sonia dan Frieska, jelas saya akan memilih Melody dan Stella. Bisa saya bilang ‘Investasi yang menjanjikan’? Sorry to say.

Single baru yang katanya akan dirilis bulan Mei ini tentunya akan sering dibawakan oleh ke-16 member senbatsu tersebut. Benar-benar membutuhkan member dengan stamina tinggi karena lagu RIVER banyak bermain di footstep dan tepokan paha yang lumayan ‘menyakitkan’ juga menguras tenaga.

Jika mengikuti AKB48, maka isi dari CD single terbaru mereka adalah River, Kimi no Koto ga Suki Dakara, dan Hikoukigumo. Yang akan punya dua edisi yaitu Regular Edition dan Theater Edition. Untuk Regular Edition adalah CD+DVD dengan bonus tiket handshake dan kartu vote request hour. Untuk Theater Edition adalah CD dengan bonus tiket handshake, tiket undian special show, dan satu foto member. Jika River dibawakan oleh semua member yang masuk senbatsu, bagaimana dengan Kimi no Koto ga Suki Dakara? Apa akan dibawakan dengan member yang tidak masuk atau bisa dikategorikan under girls dilengkapi beberapa kenkyuusei? Atau justru PV itu hadir dengan semua member tim J beserta ex-member? Atau kemungkinan lain? Entahlah. Saya juga belum tahu. Kenyataannya saya hanyalah seorang fans dan bukan bagian dari manajemen JKT48. Ini hanyalah sedikit analisis saya yang mungkin salah.

Untuk member yang belum terpilih, masih banyak kesempatan next single. Untuk fans mereka, tetaplah support mereka. Bagaimanapun pasti ada rasa kecewa yang mendalam bagi member tim J yang belum terpilih sebagai senbatsu perdana. Maaf untuk beberapa pihak yang kurang berkenan dengan postingan saya. Saya hanya ingin berbagi sedikit analisis saya yang mungkin tidak penting. Terima kasih telah menyempatkan membaca ini ^_^

0 komentar:

Posting Komentar